Pengalaman pertama: Datang ke jobfair!

Kehidupan seorang pengangguran, maen komputer, beres-beres rumah, dan cari kerjaan. Dapet info dari temen kalau tgl 10-11 September 2014 ada jobfair di gedung SABUGA. Cuss lah kesana pada hari ke dua (tgl 11) karena yakin deh hari pertama pasti penuh. Dan ternyata emang bener, liat dari twitter ada yg nge-post foto antrian di ticketing nya fantastis :D

Dateng kesana kepagian, jam 8.30 udah ada di dago. Akhirnya ngikutin Damri aja sampai ke Dipatiukur, mau nge-print cv sama beli amplop coklat. Habis nge-print cuss naik angkot riung-dago, turun di simpang dago lanjut naik angkot sadang serang-caringin. Turun deh di gerbang ITB belakang. Gak tau sih gedung nya sebelah manaa, soalnya waktu itu pernah ke SABUGA cuman lari di lapangannya aja. Akhirnya ada segerombolan pria dan wanita pake baju item-putih lagi berbincang-bincang sambil jalan dan bawa map. "Wah ini gak salah lagi, mereka pada mau ikut ke jobfair juga." kata ane. Akhirnya ane ikutin mereka jalan sampe ke gedung XD

Jam 9.10 udah sampe di gedungnya SABUGA, disambut sama ibu-ibu yang dengan perhatian nanya ke ane.
"Neng, udah ada amplop coklatnya?' Kata si ibu sambil bawa-bawa banyak amplop coklat.
Ternyata si ibu jualan #ngakak
Ane duduk-duduk depan gedung sambil nunggu temen ane yang belum dateng. Gak lama temen ane pun datang, dan akhirnya kita beli tiket seharga 25rb per/orang.

Ketika masuk, kita di kagetkan dengan suatu meja yang penuh dengan laptop beserta orang-orangnya.
"Ini lagi pada ngapain sih?"
Setelah kita tanya ke crew nya ternyata disitu tempat buat daftar Jobstreet.co.id. Jadi orang yang masuk kesana kalau udah beli tiket harus terdftar dulu di jobstreet.co.id nya itu.Untung ane udah daftar sejak dahulu kala jadi gak usah antri lagi. Langsung deh kita keliling-keliling ke beberapa stand, ada brand kopi besar disana, beberapa stand bank, asuransi, perusahaan aplikasi (informatika) dan juga showroom mobil/motor (?). Keliling sana sini, masukin sana sini akhirnya sekitar jam 1 siang kita keluar dari ruangan, pusing banget :v Emang penyakit dari dulu selalu pusing ada di tempat yg sempit dan banyak orang, mual-mual gak jelas :v

sumber: google :D

Ada tips nih buat kalian-kalian para pria wanita mbak mas om tante yang mau dateng ke acara semacam jobfair gitu :
1. Coba cari Event Organizer (EO) yang bikin acaranya. Bisa jadi EO nya punya reputasi kurang baik, lumayan kan duit buat beli tiket puluhan ribu apalagi yang masih minta sama ortu terbuang sia-sia, gara-gara masuk ke event yang perusahaanya diisi dengan perusahaan-perusahaan yang kurang bonafit :D Survey juga tempat yang akan kalian tuju. Jangan sampe di hari H malah nyasar kesana kemari :D

2. Pakai baju formal yang cenderung santai dan nyaman. Kalo menurut ane, gak usaha pakai blazer/jas, cukup paka rok/celana bahan dan kemeja rapi. Kemarin sempet liat ada cewe kece pake blazer, akhirnya di dalem ruangan dia kepanasan dengan poni berkeringat, buat cewek-cewek poni berkeringat itu gak banget ya? Apalagi kalau ternyata harus walk in interview, harus touch up dulu tuh pasti. Usahakan jangan pakai kaos dan celana jeans. Mau main apa mau cari kerja mbak mas? Menurut ane kurang profesional aja gitu kalau pakai celana jeans sama kaos buat cari kerja. Pakai juga sepatu senyaman mungkin karena disana kalian akan jalan mondar-mandir, gak lucu kan kalau ternyata sepatu yang kalian pakai malah bikin lecet. Iyuwh!

3. MAKAN DULU! Ini penting, jangan sampe jalan-jalan dateng stand sana-sini dengan perut keroncongan. Dijamin gak konsen dan lemes. Usahakan bawa minum atau cemilan atau roti lah kalau emang gak sempet makan sebelumnya, minimal bisa ganjel perut dikit. Kalo pingsan kan berabe #ngakak

4. Siapkan fotokopi ijazah, sertifikat-sertifikat, fotokopi KTP, sama pas foto. Karena ada beberapa stand disana yang minta fotokopi KTP sama pas foto. Bawa cv juga! Bawa map/amplop secukupnya aja, wkt kemarin aja ane cuman bawa amplop coklat 3 biji semuanya gak ada yang dipake :v Karena rata-rata mereka minta gapake map/amplop sih. Siapin juga alat tulis buat isi-isi form disana. Kalau bisa bawa softcopy cv, takutnya ada yang gak nerima hardcopy.

Sekian tips dari ane, yang mau nambahin silahkan :D

Have a nice day :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I appreciate all your comments. Give comments properly. :)

You May Like